Selasa, 11 April 2017

Kota Bersinar, ya Kota Klaten


Hallo teman..  Taukah kalian tentang julukan kota bersinar di daerah Jawa Tengah ??? 
Nahh.. Hari ini, saya akan berbagi cerita singkat mengenai kota bersinar yaitu Kota Klaten. Yuk disimak ceritanya..



Kota Klaten atau sering dijuluki dengan kota Bersinar terletak di tenggara Gunung Merapi yang teraktif di Jawa Tengah. Kota Klaten ini merupakan penghubung dari kota Solo dengan provinsi DIY. Klaten memang tidak sepopuler Solo maupun Jogja, akan tetapi keindahan dan tempat-tempat wisata di kota Klaten tidak kalah menarik dengan kota Solo maupun Jogja.
Tugu Tenun Kota Klaten
Belum lama ini, di kota Klaten telah didirikan masjid Agung yang sangat megah, masjid tersebut bernama Masjid Al Aqsa yang terletak di Jl. Jogja - Solo, Jonggrangan, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 
Masjid Al Aqsa

Salah satu tempat yang terkenal di Kota Klaten adalah Museum Pabrik Gula Gondang, yang terletak di wilayah Gondang Winangung, kecamatan Jogonalan, kabupaten Klaten. 

Museum Pabrik Gula Gondang

Apakah kalian tahu Candi Prambanan ???
Jadi teman-teman, Candi Prambanan itu juga termasuk diwilayah Klaten. Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 m dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga tidak sulit untuk menemukannya.
Makanan khas dari kota ini adalah ayam panggang & ayam bakar yang sudah terkenal. Banyak warung-warung makan yang menyediakan menu ini. Selain itu, sop ayam juga menjadi ikon kota Klaten. Hampir di setiap sudut jalan dapat dijumpai warung makan yang menunya terdapat ayam panggang, ayam bakar dan sop ayam.
Klaten juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik juga teman, mulai dari wisata alam, tempat rekreasi keluarga, tempat wisata air, tempat kuliner dll.
1. Wisata alam, misalnya:
Deles Indah 









Candi Prambanan








Candi Plaosan









Candi Merak










2. Tempat rekreasi keluarga, misalnya:
Kolam Renang Galuh Tirtonirmolo








3. Tempat wisata air, misalnya:
Umbul Ponggok

Umbul Cokro Tulung 












4. Tempat Kuliner, misalnya: 
Warung Apung Rowo Jombor 








Soto Ayam Barokah









Sop Ayam Pak Min










Jadi teman-teman, jika kalian berada di kota Klaten jangan lupa mampir ke tempat-tempat menarik seperti yang disebutkan diatas ya.. Thankyou..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar