Senin, 01 Mei 2017

Hari Pendidikan Nasional


Semangat Pagi teman-teman..
Apakah kalian tahu tanggal 2 Mei adalah peringatan Hari Pendidikan Nasional? Apa ya sebenarnya makna dari Hari Pendidikan Nasional itu? Mari kita simak bersama.
Tanggal 2 Mei adalah Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional atau sering disingkat dengan HARDIKNAS merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang merupakan salah satu pahlawan di Indonesia yang telah memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Samapi saat ini Ki Hajar Dewantara di anggap sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Kita harus bangga dengan perjuangan yang telah dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara, karena dengan perjuangannya kita dapat memperoleh hak untuk mengikuti pendidikan yang layak.
Tut Wuri Handayani merupakan filosofi Ki Hajar Dewantara dan digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Beliau wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk memperingati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan di Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.   
Makna dari Hari Pendidikan Nasional adalah kita dapat mengingat dan mengenang jasa pahlawan pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara yang karena perjuangannya kita dapat memperoleh pendidikan yang layak saat ini, dan dapat menempuh pendidikan dengan mudah.  
Pendidikan dilakukan untuk memperoleh ilmu. Dimana untuk mendapatkan ilmu tidak dilihat dari gender dan usia. Siapapun mempunyai hak untuk memperoleh ilmu asalkan mempunyai keinginan untuk memperoleh pendidikan. Ilmu adalah jendela dunia yang merupakan suatu wawasan dan pengetahuan.
Hardiknas diperingati setiap tahun dengan diadakannya upacara bendera. Pidato pada saat upacara peringatan Hardiknas pasti berkaitan dengan pendidikan. Biasanya, upacara peringatan Hardiknas diikuti oleh semua pelajar baik itu SD, SMP maupun SMA. Selain itu juga diikuti oleh para guru. Di perguruan tinggi, upacara peringatan Hardikna biasanya hanya diikuti oleh beberapa dosen terutama untuk dosen yang berprodi pendidikan. 
Peringatan Hari Pendidikan Nasional biasanya dilaksanakan dengan melakukan upacara secara serentak, akan tetapi untuk lebih memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional, kita juga bisa mengadakan suatu lomba yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya lomba cerdas cermas, lomba pidato, dll. Atau bahkan kita juga bisa memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan berkunjung ke makam tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia. 
Peringatan Hardiknas dilakukan dengan tujuan untuk mengajak para pelajar atau peserta didik mengingat kembali perjuangan pahlawan mengenai pendidikan, dan melihat akan pentingnya pendidikan. Selain itu juga diharapkan para pelajar mempunyai semangat untuk memperoleh pendidikan dengan baik. 
Kesan dan pesan yang dapat kita ambil dalam peringatan Hardiknas adalah kita harus bangga dengan apa yang telah diperjuangkan oleh tokoh pendidikan kita yang telah berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk negeri ini. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus ikut serta dalam melanjutkan perjuangan pendidikan di Indonesia agar menjadi lebih baik dan semakin layak dengan cara mempunyai semangat untuk terus belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar