Minggu, 28 Mei 2017

Refleksi Perkuliahan MPB ICT



Di Semester 4, terdapat mata kuliah MPB ICT, dimana mata kuliah tersebut mempelajari tentang bagaimana memanfaatkan teknologi yang canggih saat ini untuk membantu dalam proses pembelajaran. Sebagai mahasiswa PGSD dan sebagai calon guru nantinya, saya harus bisa membuat suatu media pembelajaran yang kreatif untuk dapat menarik perhatian siswa. Salah satu solusinya agar saya dapat melakukan hal itu adalah dengan mengikuti perkuliahan MPB ICT. Selama 1 semester, saya mengikuti perkuliahan MPB ICT, saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman dalam membuat suatu media pembelajaran berbasis komputer. Selama 1 semester ini, saya belajar tentang banyak hal, diantaranya belajar mengenai bagaimana cara membuat power point dengan menggunakan hyperlink, membuat soal kuis dengan menggunakan Microsoft Power Point, membuat main map dengan menggunakan Edraw Max, membuat video animasi pembelajaran dengan menggunakan Powtoon, membuat digital story telling dengan menggunakan aplikasi Movie Maker dan membuat sebuah aplikasi game seperti yang ada di Play Store dengan menggunakan Apps Geyser, dimana game tersebut berisi tentang pembelajaran. Tidak hanya itu, selama perkuliahan tersebut, saya juga belajar mengenai bagaimana membuat blog dan harus aktif mengisi blog, bagaimana cara menyimpan file ke dalam Google Drive dan belajar mengenai cara mengupload video ke dalam youtube. Semua yang telah saya pelajari selama perkuliahan MPB ICT dapat saya terapkan untuk membuat media pembelajaran berbasis komputer, dimana nantinya media tersebut dapat saya gunakan untuk membantu proses pembelajaran yang menarik di kelas.
Dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam perkuliahan MPB ICT selama 1 semester ini, hal yang menurut saya paling sulit dalam membuat sebuah media pembelajaran adalah ketika membuat digital storytelling, karena dalam pembuatan tersebut saya membuat cerita sendiri, sehingga saya juga harus membuat gambar-gambar sendiri agar sesuai dengan cerita yang saya buat. Selain itu, saya juga mengalami kesulitan dalam memilih sountrack yang cocok untuk cerita saya. Selain membuat digital storytelling, saya juga mengalami kesulitan saat membuat aplikasi mengenai hobby, saya mencoba untuk membuat aplikasi music, akan tetapi setelah sudah jadi, ternyata aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan di gadget. Saya mencoba membuat aplikasi yang lain seperti aplikasi wallpaper dan aplikasi untuk mengedit foto, saya terhenti di tengah-tengah pembuatan karena tidak mengerti caranya, saya sudah mencoba mencari cara-cara pembuatannya melalui youtube, akan tetapi sampai saat ini saya belum bisa menemukannya, sehingga saya hanya membuat aplikasi hobby yaitu teka-teki silang. Ada suka duka yang dapat saya rasakan selama perkuliahan MPB ICT, sukanya adalah saya dapat belajar membuat media pembelajaran berbasis komputer, untuk dukanya adalah dalam pembuatan media pembelajaran terkadang mengalami kesulitan dalam mencari koneksi internet saat mengerjakan diluar jam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar