Jumat, 10 Maret 2017

Main Map dan Concept Map

Hallo teman..
Hari ini saya akan berbagi pengetahuan nih tentang main map dan concept map.. Apa itu main map, apa itu concept map, dan apa perbedaannya, mari kita simak penjelasan dibawah ini..
Apa itu Main Map ???
Menurut pendapat saya, Main Map (Peta Pikiran) merupakan salah satu model pembelajaran dalam bentuk gambar yang memuat pikiran-pikiran atau kata kunci dalam suatu materi yang saling berhubungan, dimana pikiran-pikiran tersebut dihubungkan oleh garis-garis atau sering disebut dengan cabang. Main map merupakan ringkasan dari suatu materi yang berupa point-point, dan digunakan untuk memudahkan dalam memahami dan mempelajari suatu materi. Banyak manfaat dari pembuatan main map, seperti bisa melatih kreatifitas dalam menyusun pikiran-pikiran. Dengan menggunakan main map akan mempermudah dalam belajar karena main map menyajikan gambaran secara menyeluruh dari suatu materi. Dengan main map juga tidak akan memakan waktu lama untuk mempelajarinya karena lebih mudah dipahami dan mudah diingat. Selain itu, akan mempermudah dan mempercepat kita dalam pencatatan suatu materi karena hanya menggunakan point-point atau kata kunci.
Apa itu Concept Map ???
Concept Map (Peta Konsep) merupakan merupakan salah satu model pembelajaran dalam bentuk gambar yang memuat konsep-konsep dalam suatu materi, yang saling berhubungan, dimana konsep-konsep tersebut dihubungkan oleh kata penghubung.
Apa perbedaan Main Map dengan Concept Map ???
Menurut pendapat saya, pengertian main map dengan concept map hampir sama. Perbedaanya terletak pada isinya. Main map berisi tentang pokok pikirannya atau kata kunci, sedangkan concept map berisi tentang konsep-konsepnya. Selain itu, pada concept map terdapat kata penghubung, sedangkan main map tidak terdapat kata penghubung.

Itulah penjelasan singkat dan pendapat saya mengenai main map dan concept map, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar