Jumat, 24 Maret 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)



Untuk saat ini, mulai tahun 2017, ujian nasional akan dilaksanakan dengan berbasis komputer, baik sekolah tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK yang disebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). UNBK ini adalah ujian yang dalam mengerjakan soal-soalnya menggunakan komputer. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya atau tahun 2016, pelaksanaan ujian nasional masih menggunakan kertas.
Pada zaman saya sekolah dulu, baik dari SD, SMP, maupun SMA, dalam pelaksanaan ujian nasional masih menggunakan kertas, karena pada masa-masa sekolah saya dulu, komputer yang dimiliki sekolah masih sedikit. Zaman SD saya belum ada komputer, zaman SMP dan SMA saya, komputer masih terbatas, sehingga apabila ada pelajaran TIK, 1 komputer digunakan untuk 2-3 orang. Hal itulah salah satu penyebab dalam pelaksanaan ujian belum berbasis komputer. Mungkin ditahun 2015, 2016, pemerintah sudah melaksanakan program UNBK, akan tetapi tidak semua sekolah bisa melaksanakan UNBK karena terdapat kendala-kendala seperti jumlah komputer, internet, dll.  Di tahun 2017 ini, pelaksanaan ujian akan berbasis komputer, baik di sekolah  SD, SMP maupun SMA/SMK.  Saya belum mengetahui apakah sekolah saya yang dulu, dalam pelaksanaan ujian tahun ini masih menggunakan kertas atau sudah akan berbasis komputer. Akan tetapi, setahu saya, sekolah saya sekarang sudah semakin maju, dulu belum ada wifi sedangkan sekarang sudah ada. Kemungkinan besar, disekolah SMP dan SMA saya yang dulu juga akan menggunakan ujian berbasis komputer di tahun ini. Sedangkan di SD saya, dalam pelaksanaan ujian kemungkinan masih menggunakan kertas, karena saya belum pernah mendengar informasi akan diadakan UNBK di wilayah saya.
UNBK merupakan salah satu contoh dari hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. UNBK merupakan perkembangan sistem pendidikan di abad 21, dimana semua aktivitas serba mudah dan cepat. Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan serta kendala-kendala. Begitu juga dengan UNBK yang merupakan salah satu contoh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta contoh dari perkembangan abad 21.  Untuk kelebihan pelaksanaan UNBK adalah dapat mengurangi adanya kegiatan siswa yang mencontek, langsung dapat diketahui hasil pekerjaannya, dan memudahkan guru dalam menjaga ruangan pada saat ujian. Selain itu, dengan pelaksanaan UNBK dapat menghemat anggaran negara, karena pemerintah tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak soal-soal ujian. Sedangkan kekurangan dan kendalanya terletak pada keterbatasan komputer dan jaringan internet. Selain itu, kendala yang mungkin terjadi adalah apabila listrik padam akan mempersulit siswa dalam mengerjakan soal ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar