Senin, 06 Maret 2017

Pembelajaran di Abad 21

Memasuki abad 21, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah gaya hidup manusia, baik dalam dunia pekerjaan, kesehatan bahkan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, semua pihak, mulai dari guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar mengajar di abad 21 ini. Abad 21 merupakan abad pengetahuan, dimana informasi banyak tersebar dan teknologi semakin berkembang. 
Saat ini, di seluruh dunia khususnya Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat di dunia digital. Semua serba cepat, dan serba instan. Perkembangan digital saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh semua orang, bahkan sekarang banyak sekali anak-anak sudah menguasai bagaimana menggunakan komputer, melakukan koneksi pada internet dan mencari sesuatu melalui internet. 
Ada perbedaan dari pembelajaran sebelum abad 21 dan setelah abad 21, misalnya sebelum abad 21, belum banyak orang yang mempunyai komputer, bahkan masih banyak yang tidak mengenal internet, sedangkan setelah mulai abad 21 sudah banyak orang yang memiliki laptop dan mengenal internet. Sebelum abad 21, apabila ingin mencari informasi harus mencari dari buku di perpustakaan, sedangkan sekarang kita sudah bisa mencari informasi melalui internet. Namun, dengan adanya perkembangan pembelajaran abad 21 ini kita juga perlu berhati-hati dalam menggunakan internet, karena sekarang banyak orang yang melakukan kejahatan melalui internet.

Bagi saya, perkembangan pembelajaran di abad 21 ini sangat menguntungkan bagi semua orang, khususnya para guru. Kita, sebagai calon guru harus bisa mengikuti perkembangan pembelajaran di abad 21 ini. Di kampus saya, terdapat perkuliahan Model Pembelajaran Berbasis ICT, dimana perkuliahan ini merupakan salah satu contoh atau langkah untuk mengikuti perkembangan pembelajaran di abad 2. Dari perkuliahan Model Pembelajaran Berbasis ICT, saya dapat belajar banyak hal untuk dapat membuat media pembelajaran berbasis komputer dan internet, dimana nantinya, cara-cara yang sudah diajarkan dalam perkuliahan ini dapat saya manfaatkan untuk membuat model pembelajaran dan nantinya model pembelajaran tersebut dapat saya terapkan ketika mengajar, sehingga siswa juga dapat merasakan dampak dari pembelajaran di abad 21 ini dengan melihat hasil model pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan aplikasi di dalam komputer atau laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar