Jumat, 03 Maret 2017

VBA (Visual Basic for Applications)

Pada perkuliahan Model Pembelajaran Berbasis ICT hari Selasa, 28 Februari 2017, saya belajar membuat soal pilihan ganda pada powerpoint dengan menggunakan VBA. VBA merupakan singkatan dari Visual Basic for Applications. VBA merupakan salah satu fungsi tambahan atau aplikasi yang terdapat pada Powerpoint. Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint sudah banyak digunakan dalam pembelajaran untuk membuat evaluasi menjadi lebih menarik. Dengan aplikasi VBA siswa dapat langsung mengetahui skor yang diperoleh ketika selesai mengerjakan soal.
Pada dasarnya, membuat soal dengan menggunakan VBA itu mudah, asalkan kita dapat memahami rumus atau kode untuk membuat macro yang terdapat pada menu Developer. Pada saat saya mencoba dalam perkuliahan Model Pembelajaran ICT, saya dapat mengikuti langkah-langkah pembuatannya, hanya saja saya mengalami kesalahan dalam pembuatan skor atau penskorannya, karena saya masih belum jelas pada bagian pembuatan skor.
Menurut saya, untuk para calon guru perlu mengetahui model pembelajaran seperti ini, karena nantinya dapat memudahkan mereka dalam mengevaluasi siswa. Evaluasi biasanya dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis, seperti ujian atau ulangan. Bentuk soal tes biasanya menggunakan lembaran kertas yang berisi soal-soal, sehingga untuk lebih menarik minat belajar siswa, soal tes dapat di variasi menggunakan aplikasi power point, sehingga nanti bentuk tesnya akan seperti kuis online. Keuntungan menggunakan aplikasi soal tes berbasis power point ini adalah langsung dapat diketahui skor atau nilainya, mengurangi kemungkinan mencotek, dan dapat menarik minat siswa terhadap pembelajaran.

1 komentar:

  1. Wah, Pinky masih merasa kesulitan. Kamu mau ajarin Pinky untuk membuat VBA ?

    BalasHapus